Jumat, 11 November 2011

Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi Tempoe Dulu


Masjid Al-Barkah dibangun pertama kali pada tahun 1890 M yang di pelopori oleh H.Abdul Hamid sebagai penghulu lanraad pada saat itu,adapun tanahnya adalah wakaf dari almarhum Bapak Barun seluas 3000 m2.Sehingga Masjid Al-Barkah termasuk salah satu masjid tertua di Bekasi,pada masa merebut kemerdekaaan Republik Indonesia masjid ini menjadi basis para pejuang muslim melawan penjajah.

Keberadaan Masjid Al Barkah yang terletak di tengah Kota Bekasi sejak awal sudah di persiapkan sebagai Masjid Agung atau Masjid Utama di Kota Bekasi.Bedasarkan konsep Walisongo tata letak Masjid utama posisinya selalu berada di samping barat alun-alun atau sebelah kanan alun-alun si setiap Kota atau Kabupaten di pulau jawa pada umunya.

Masjid Agung Al-Barkah seiring dengan perjalanan waktu,mengalami beberapa kali di renovasi pertama kali pada tahun 1969 oleh Bupati MS.Subandi dengan melibatkan dana iuran masyarakat sebesar Rp.5,-/jiwa. Kemudian direnovasi yang kedua pada tahun 1988,dalam rangka menjadi penyelenggara MTQ Tingkat Jawa Barat, kemudian direnovasi pada tahun 1997 dan tahun 2002.

Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan Kabupaten Bekasi dimekarkan menjadi 2 (dua) Pemerintahan yaitu melahirkan Pemerintah Kota Bekasi maka berdasarkan keinginan yang kuat dari umat Islam Kota Bekasi untuk memilii Masjid yang Megah dan Indah ,Alhamdulillah dengan Ridho Allah SWT pada tanggal 26 Juni 2004 dilakukan peletakan batu pertama sebagai tanda di mulainya renovasi dan pembangunan yang di lakukan ba'da sholat shubuh gabungan oleh Walikota Bekasi  Bapak H.Akhmad Zurfa'i,S.Sos. dan ketua DKM Al-Barkah Drs.H.Muhtadi Muchtar beserta dengan tokoh masyarakat,alim ulama dan di saksikan tidak kurang dari 1000 orang jama'ah.

Selanjutnya setelah dilakukan pelaksanaan renovasi dan pembangunan selama 6 (enam) tahun maka pada tahun 2010 Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi telah berdiri megah dan anggun dengan luas lahan 7318 m sebelum masjid ini di renovasi Masjid Agung Al-Barkah  adalah masjid yang paling jelek dibanding dengan masjid agung yang sudah ada di Kota dan Kabupaten lain di Jawa Barat dan kini Alhamdulillah,Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi menjadi simbol bagi Masyarakat Kota Bekasi dalam mengawal sebagai Kota Patriot yang Ikhsan akan terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JASA COMPANY WEBSITE

Berikut adalah Link Website yang pernah kami buat : Mutiara Forklift Service Forklift Jasa Design Company Profile